6 Agama Yang Diakui Di Negara Indonesia Dan Sejarah Agama tsb

Seperti kita ketahui bersama, Indo adalah negara yang memiliki banyak kekayaan. Tidak hanya kaya akan sumber daya alam dan budaya, Indo juga memiliki keragaman agama yang dianut oleh masyarakatnya. Meskipun agama di Indo cukup beragam, itu tidak membuat warganya menjadi terpecah belah. Justru dengan adanya keberagaman agama di Indo, dapat menumbuhkan rasa toleransi antar umat beragama berbeda.

Di Indonesia, ada 6 jenis agama yang diakui di Indo, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Keenam negara ini telah secara resmi disetujui oleh pemerintah sebagai agama yang sah untuk dipeluk oleh rakyat Indonesia. Berikut ini adalah penjelasan yang lebih rinci tentang 6 agama dan tempat ibadah di Indo.

Berikut Sejarah 6 Agama Yang Diakui Diindonesia :

1. Islam

6 Agama Yang Diakui Di Negara Indonesia Dan Sejarah Agama tsb

Islam adalah agama di Indo nesia yang paling banyak dianut. Sebagian besar orang di Indo di berbagai daerah yang tersebar adalah Muslim. Islam mulai menyebar dan masuk ke Indo pada abad ke-13. Agama Islam dapat tersebar ke seluruh wilayah Indo, tentunya untuk peran beberapa tokoh terkemuka dalam perkembangan Islam di Indo.

Tokoh-tokoh penyebaran Islam di Indo dikenal sebagai Wali Songo, yaitu Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Djati. Untuk tempat ibadah, Islam memiliki tempat ibadah yang disebut Masjid.

2. Hindu

Hindu

Agama lain di Indonesia yang telah dikenal sejak lama adalah Hindu. Tempat ibadah agama di Indonesia untuk agama Hindu yang disebut Pura. Awal mula agama Hindu di Indonesia dimulai sekitar 3000 tahun yang lalu. Untuk kitab suci, Hindu memiliki kitab suci Veda, dan untuk hari festival ada 3 hari raya yaitu Hari Nyepi, Hari Pagerwesi, dan Hari Sagerwesi.

3. Agama Buddha

6 AGAMA YANG DIAKUI DI NEGARA INDONESIA DAN SEJARAH AGAMA TSB

Variasi agama berikutnya di Indonesia adalah Buddhisme. Agama ini milik salah satu agama yang diakui di Indonesia dan juga cukup banyak pengikut. Nama kitab suci yang digunakan oleh umat Buddha adalah Tri Pitaka. Sedangkan tempat ibadah disebut dengan Vihara. Pembawa agama Buddha adalah Siddharta Gautama dan permulaan keberadaan agama Buddha dimulai 2500 tahun yang lalu. Untuk festival ada Hari Waisak, Hari Kathina dan Hari Asadha.

4. Kekristenan Protestan

Kristen Protestan

Agama Kristen Protestan juga termasuk dalam agama yang diakui di Indonesia dan memiliki banyak pengikut. Nama tulisan suci yang digunakan oleh orang Kristen Protestan adalah Alkitab. Untuk tempat ibadat, orang Kristen Protestan menggunakan Gereja. Agama Kristen Protestan memiliki hari libur besar, yaitu Jumat Agung, Hari Natal, Hari Jadi Yesus Kristus atau Yesus Kristus, dan Hari Paskah.

5. Katolik

6 AGAMA YANG DIAKUI DI NEGARA INDONESIA DAN SEJARAH AGAMA TSB

Agama Katolik juga termasuk dalam 6 agama di Indonesia yang diakui. Agama Katolik menggunakan kitab suci Alkitab dan memiliki tempat ibadat yang sama dengan orang Kristen Protestan, yaitu Gereja. Hari libur keagamaan Katolik juga sama persis dengan hari libur keagamaan dalam agama Kristen Protestan.

6. Konfusianisme

6 AGAMA YANG DIAKUI DI NEGARA INDONESIA DAN SEJARAH AGAMA TSB

Konfusianisme juga termasuk dalam agama yang diakui di Indonesia. Nama kitab suci yang digunakan oleh agama ini adalah Si Shu Wu Ching. Untuk tempat ibadah disebut Li Tang atau yang biasa dikenal dengan kuil. Ada beberapa hari libur keagamaan, yaitu Cap Go Meh, dan Tahun Baru Cina.

Penyebaran agama di Indonesia sudah lama dilakukan. Hasil dari penyebaran di Indonesia adalah bahwa ada 6 agama yang diakui di Indonesia dengan jumlah pengikut yang beragam. Tetapi hampir 80% dari populasi di Indonesia bola88 menganut Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *